Senin, 23 Mei 2016

Motherboard


Pengertian Motherboard secara umum

motherboard (papan induk), ialah papan sirkuit tempat terhubungnya komponen – komponen perangkat keras lainnya yang biasa di sebut dengan mobo, motherboard atau kata lainyamainboard adalah papan pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lainya. mobo adalah komponen utama pada komputer karena disana adalah tempat berkumpulnya komponen – komponen penting komputer dan tempat berlalu lalangnya data.

 

Fungsi utama dari Motherboard secara umum

Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, VGA ,power supply, dan masih banyak lagi.

Kerusakan pada motherboard
Sama seperti bagian – bagian komputer yang lainnya, motherboard pun memilki potensi untuk mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang terdeteksi pada komputer kita karena kerusakan motherboard adalah :
·         Komputer sering menjadi hang
·         Komputer menjadi lemot dan lambat, untuk mencegahnya, anda bisa membaca cara agar laptop tidak lemot
·         Tidak dapat melakukan booting
·         Komputer mengeluarkan suara bip yang panjang berkali – kali
·         Tidak muncul tampilan pada output
·         Komputer sering mati sendiri, untuk mengatasinya, anda bisa melihat cara mengatasi komputer mati sendiri
·         Dan terjadinya malfungsi lainnya pada komputer.
Ketika motherboard mengalami kerusakan, maka akan mempengaruhi kinerja dari komponen komputer yang berada pada bagian motherboard yang rusak. Misalnya, ketika motherboard rusak pada socket harddisk, maka bisa saja terjadi harddisk failure dan data tidak terbaca.
Jadi sebelum mendiagnosa kerusakan pada motherboard, maka ada baiknya seluruh komponen komputer dipastikan terpasang dengan baik, dan bekerja dengan baik terlebih dahulu. Pasalnya, biaya penggantian motherboard sangatlah mahal.
Penyebab Motherboard rusak
Ada beberapa hal yang menyebabkan motherboard pada komputer anda mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab motherboard menjadi rusak, bahkan tidak bisa membaca sama sekali atau terjadi blank :
·         Kerusakan pada sistem BIOS
·         Processor yang terbakar atau overheating
·         Regulator rusak
·         Suplai listrik yang kurang atau berlebihan
·         Kerusakan pada bagian chipset
·         Kerusakan pada bagian IC, seperti IC clock dan juga IC Reset
Cara merawat agar motherboard tidak mengalami kerusakan
Untuk merawat motherboard, sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kualitas motherboard, seperti :
·         Selalu gunakan komponen perangkat keras yang kompatibel
·         Bersihkan bagain dalam komputer secara berkala
·         Hindari penggunaan komputer hingga mengalami overheat
·         Hindari agar motherboard tidak terjatuh atau terbanting
·         Serahkan instalasi komponen komputer pada ahlinya
·         Selalu gunakan komputer anda sesuai dengan spesifikasi, sehingga tidak terjadi hardware failure yang dapat berdampak pada kerusakan mobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar