Layanan Telematika (dalam bhs.Inggris disebut juga
Telematics Services) dewasa ini sudah banyak digunakan oleh pemerintah
Indonesia untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan masyarakat.
Jenis-jenis
Layanan Telematika :
1.
Layanan Informasi
Layanan informasi merupakan penggabungan dari
telekomunikasi digital dan teknologi komputer yang memainkan peran penting
dalam komunikasi antara manusia dengan kendaraan bergerak seperti mobil yang
menawarkan layanan GPS.
contoh
lainnya : M-Commerce dan VOD.
2.
Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakan
keamanan informasi dan data agar tidak mudah terhapus atau hilang . Layanan ini
terdiri atas enskripsi, penggunaan protokol, penentuan akses kontrol dan
auditin.
contoh :
penggunaan firewall dan antivirus
3.
Layanan Context Aware & Even Base
Layanan Context Aware & Even Base merupakan
layanan dimana sistem memiliki kemampuan untuk mengrti kebutuhan user, network
dan lingkungan.
contoh :
ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone
yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan
rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk
saat ini, konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan
bagian dari context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian
ilmu komputer.
4.
Layanan Perbaikan Sumber Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan
yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga
berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan
perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang
melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya. Konsep
pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk
meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan
untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar